Syarat Tumbuh Kembang Selada

Indonesia sangat cocok untuk budidaya selada karena lingkungannya sangat cocok dengan syararat tumbuh kembang selada. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang selada antara lain iklim dan tanah. Kita akan membahasnya satu persatu.

1. Iklim

Selada dapat tumbuh di tempat yang dingin dan sejuk dengan temperatur antara 15-20° C, hampir sama dengan tanaman kubis dan petsai. Jika tanaman selada ditanam pada tempat dengan temperatur tinggi, selada tipe kupis akan gagal membentuk krop. Atau jikapun kropnya terbentuk, maka ukurannya akan kecil-kecil. Tapi, seiring berkembangnya teknologi, banyak sekali varietas selada yang dikembangkan oleh peneliti yang tahan terhadap suhu panas.

Dengan banyaknya varietas dari selada, sekarangpun kita bisa menanam selada baik di dataran rendah maupun tinggi. Yang penting kita harus memilih selada mana yang akan kita tanam agar sesuai dengan iklim disekitar. Untuk dataran rendah, pilihlah selada yang tahan terhadap suhu panas seperti kaiser, ballade dan gemini.

Selain tidak tahan panas, selada juga kurang baik pada tempat dengan curah hujan yang sangat tinggi. Oleh karena itu, penanaman selada sangat dianjurkan pada akhir musim penghujan. Selada banyak dikembangkan pada daerah dataran tinggi seperti Facet, Cipanas dan Lembang.

2. Tanah

Selada cukup baik jika ditanam di tanah liat berpasir tapi tidak menutup kemungkinan jika selada juga ditanam di sawah ataupun tegalan. Selada dapat ditanam pada lahan andosol ataupun latosol dengan syarat tanah tersebut harus subur, gembur, mengandung banyak bahan-bahan organik, tidak tergenang air dan ph-nya antara 5-6,8.

Selada merupakan tanaman dengan akar dangkal, oleh karena itu umurnyapun relatif pendek. Jadi untuk mendapatkan produksi yang maksimal diperlukan pengolahan lahan yang cukup total agar menghasilkan lahan yang sempurna. Pada lahan dengan drainase yang kurang baik atau mudah becek, tanah sebaiknya ditinggikan agar tidak terjadi pembusukan akar-akar tanaman.