Pembuatan Kubung Jamur Tiram

Persiapan Budidaya Jamur Tiram: Pembuatan Kumbung

Banyak hal yang perlu dipersiapkan saat kita akan memulai budidaya jamur tiram, salah satunya adalah pembuatan kumbung. kumbung adalah bangunan dari bilik bambu/tembok permanen yang dibuat sebagai tempat menyimpan bag log. Bag log adalah kantong plasting transparan yang berisi campuran sebagai tempat untuk tumbuh jamur.

Bag log dapat kita buat sendiri dengan peralatan yang cukup sederhana:
1. Alat steril, anda bisa menggunakan bak steril ataupun drum beserta kompor.
2. Alat untuk mengaduk, kalian bisa sediakan sekop, ember dan selang.
3. Alat inokulasi, sediakan lampu bunsen, masker, jas lab, pinset, alkohol/spritus dan hand sprayer.
4. Alat angkut, anda bisa menggunakan keranjang.
5. Alat penyiraman.
6. Alat panen.

Kembali ke pembuatan kumbung, sudah dijelaskan diatas kumbung bisa dibuat dari bambu maupun tembok permanen yang didalamnya tersusun rak-rak tempat media tanam jamur. Tidak ada standar besar kecilnya kumbung, kumbung bisa disesuaikan sesuai dengan lebar tanah. Sedangkan untuk raknya sendiri, harus ada jarak sekitar 75cm agar sirkulasi udara dapat terjaga dan juga mempermudah saat pemeliharaan. Untuk penyusunannya sendiri, bisa menyusun bag log secara vertikal ataupun horizontal, sesuai kondisi. Pada umumnya, susunan vertikal lebih cocok untuk daerah yang kering sedangkan horizontal sebaliknya.

Untuk bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kumbung tentu saja sesuai dengan bangunan yang akan anda buat. Jika ingin membuatnya dari bilik bambu tentunya kita harus menyediakan bambu, sedangkan untuk yang tembok tentunya kita butuh batu bata, pasir dan semen. Tidak lupa juga genteng untuk atapnya, bisa juga kita gunakan asbes atau rumbia. Untuk dalamnya tentunya ada rak, kita bisa membuatnya dari kayu, bambu ataupun baja ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Perawatan Budidaya Jamur Tiram

Perawatan Budidaya Jamur Tiram

Untuk perawatan jamur tiram, ada beberapa hal yang harus kita lakukan. Karena jamur tiram butuh sekali perawatan untuk menjaga kelembaban media tanam. 1. Pengaturan suhu ruangan Kita bisa mengatur suhu ruangan kabung dengan cara membuka dan menutup pintu atau jendela tujuannya adalah untuk mendapatkan pertumbuhan jamur yang optimal. Saat inkubasi, atur suhu 28-30°C dan kelembaban […]

Pembuatan Media Tanam Jamur Tiram

Pembuatan Media Tanam Jamur Tiram

Hal pertama yang harus kita lakukan saat akan melakukan budidaya jamur tiram adalah pembuatan media tanam. Ini adalah faktor paling penting karena akan mempengaruhi proses kedepannya. Jika media tanam bagus maka hasil jamur tirampun akan bagus juga. Pada proses persiapan media tanam ini, ada beberapa step yang akan kita lakukan, yaitu: 1. Pengayakan Ini adalah […]