Mengenal Lebih Jauh Tentang Buah Naga

Dulu, penyebaran buah naga terbatas, hanya ada di Israel, Australia, Thailand, Vietnam dan Meksiko. Nama terakhir adalah negara pengekspor buah naga terbanyak di dunia. Meksiko mengekspor tidak kurang dari 140000 ton buah naga. Setelah meksiko ada Thailand dan Vietnam, namun kedua negara tersebut hanya bisa memenuhi pasokan kudang dari 50%.

Di indonesia, buah naga-pun sudah mulai digandrungi banyak penikmat buah. Tapi, pasar lokal masih banyak dibanjir produk impor dari vietnam dan thailand. Oleh karena itu banyak pihak yang mulai melirik untuk budidaya buah naga apalagi cukup mudah untuk budidaya buah naga. Pasar ekspornya-pun masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan.

Sebenarnya pasar lokal sudah tidak asing lagi dengan buah naga, karena sudah sejak 2001 mulai dikembangkan oleh para petani di indonesia. Mulai dari malang, delanggu, kulon progo dan beberapa daerah lain di indonesia. Buah naga sendiri merupakan buah dari kaktus. Kenapa dinamakan buah naga? Mungkin karena kaktusnya tersebut memanjang dan berwarna hijau seperti naga. Buahnyapun bersisik dan seperti memiliki sayap.

Asal Usul Buah Naga

Seperti yang dijelaskan diatas, buah naga adalah buah dari tanaman kaktus pemanjat yang ditemukan pertama kali di hutan belantara Meksiko, Amerika tengah dan Amerika Selatan. Sebagai hasil hutan, buah ini sudah sejak dulu dimanfaatkan oleh manusia oleh karena itu banyak yang menanamnya di kebun untuk dipanen buahnya.

Di Vietnam, sepanjang pantai timur sampai selatan banyak ditemui kebun buah naga. Tapi, cara bertanam orang vietnam boleh dibilang masih secara tradisional. Mereka memanfaatkan pohon lain sebagai panjatan dan secara berkala pohon panjatan dipangkas daunnya agar kaktus tersebut tetap mendapat cahaya matahari.

Pada musim-musim panen buah naga, antara Juli sampai Oktober, buah naga sangat melimpah di Vietnam. Bagitu melimpahnya, buah ini dijajakan di pasar-pasar tradisional di Vietnam. Buah naga juga dihidangkan sebagai hidangan pencuci mulut di pesawat Vietnam Airlines.